Apa Bedanya Modem Wi-Fi Telkomsel Orbit Star 2 dan Orbit Max

Posted on

Apa Bedanya Modem Wi-Fi Telkomsel Orbit Star 2 dan Orbit Max – Pada Juli lalu, operator seluler Telkomsel resmi meluncurkan layanan internet nirkabel, Telkomsel Orbit. Berbeda dengan Telkom IndiHome yang menggunakankabel fiber optic, Orbit mengandalkan koneksi internet menggunakan jaringan 4G LTE Telkomsel. Telkomsel Orbit menawarkan dua jenis modem Wi-Fi dan paket layanan yakni Orbit Star 2 dan Orbit Max.

Apa Bedanya Modem Wi-Fi Telkomsel Orbit Star 2 dan Orbit Max

Telkomsel Orbit.

Keduanya dapat dioperasikan lewat aplikasi MyOrbit yang dapat diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store, dan akan tersedia dalam waktu dekat untuk pengguna iOS. Meski sama-sama memberikan akses layanan internet, namun Orbit Star 2 dan Orbit Max memiliki beberapa faktor pembeda seperti dari segi kapasitas perangkat yang terhubung, kuota internet yang ditawarkan, hingga faktor harga. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan spesifikasi dan harga dari modem.

Orbit Star 2 dan Orbit Max sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi MyOrbit. Orbit Star 2 merupakan salah satu opsi router nirkabel yang ditawarkan oleh Telkomsel. Modem Wi-Fi ini hadir dengan ukuran bodi yang cukup ringkas, dengan dimensi 101 mm x 126 mm x 36 mm atau sebesar telapak tangan orang dewasa. Orbit Star 2 dilengkapi dengan satu buah port ethernet dan kartu SIM di bagian belakang untuk menampung kartu perdana Telkomsel.

Router Orbit Star 2

Telkomsel turut membekali router ini dengan sebuah port konektor yang dapat digunakan untuk memasang antena tambahan. Dari segi layanan, Orbit Star 2 mendukung jaringan Wi-Fi 2,4 GHz dan telah mendukung teknologi 2×2 MIMO. Koneksi seluler Orbit Star 2 mengandalkan layanan 4G LTE Kategori (Cat.) 4 dengan kecepatan downlink hingga 150 Mbps dan uplink hingga 51 Mbps. Orbit Star 2 memiliki kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus.

Selain mendapatkan satu buah perangkat modem Wi-Fi, pembeli Orbit Star 2

Router Orbit Max

Juga akan mendapatkan paket data internet gratis sebesar 50 GB dengan masa berlaku selama 30 hari. Dari segi penampilan, Orbit Max memiliki desain berbentuk persegi panjang. Ukurannya juga terbilang jauh lebih bongsor dari sang adik, dengan dimensi seluas 103 mm x 103 mm x 225 mm. Berbeda dengan Orbit Star 2, router ini dilengkapi dengan dua port ethernet.

Selain memiliki ukuran yang jauh lebih besar, spesifikasi Orbit Max juga lebih unggul dibanding Orbit Star 2. Orbit Max sudah mendukung jaringan WiFi 2,4 GHz dan 5GHz dengan transfer data yang lebih cepat untuk perangkat modern. Koneksinya ke internet lewat sambungan seluler juga lebih kencang, dengan donwlink 4G LTE Cat. 19, yang berarti kecepatan maksimalnya 1.566 Mbps. Uplink pada Orbit Max adalah Cat. 13 dengan speed hingga 150 Mbps.

Jumlah perangkat yang tersambung secara bersamaan ke Orbit Max juga dua kali lebih banyak dibandingkan Orbit Star 2, yakni mencapai 64 perangkat sekaligus. Demikian pula dengan paket data yang diberikan secara gratis di awal, yakni 150 GB untuk 30 hari setelah diaktifkan. Orbit Max dapat dibeli dengan harga Rp 2,4 juta. KompasTekno sempat menjajal Orbit Star 2 dan Orbit Max untuk melihat seberapa jauh perbedaan kecepatan internet di antara kedua modem Wi-Fi ini. Hasil ulasannya bisa disimak dalam video di link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *