Review Samsung Galaxy Tab S7 Tablet Android Premium yang Bertenaga

Posted on

Review Samsung Galaxy Tab S7 Tablet Android Premium yang Bertenaga – Samsung telah mengumumkan kehadiran smartphone premium terbarunya, Galaxy Note20 Series dalam acara bertajuk Galaxy Unpacked yang digelar awal Agustus lalu. Smartphone ini pun sudah diboyong oleh Samsung ke pasar Indonesia. Ada dua model Galaxy Note20 Series yang dihadirkan, yakni Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra.

Review Samsung Galaxy Tab S7 Tablet Android Premium yang Bertenaga

Bersamaan dengan diluncurkannya Galaxy Note20 Series, Samsung juga turut memperkenalkan tablet premium terbarunya, Galaxy Tab S7 Series. Sama seperti Note20 Series, ada dua model Tab S7 Series yang diperkenalkan, yakni Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+. Kedua tablet ini pun sudah mendarat resmi di pasar Indonesia. Datang sebagai tablet premium.

Galaxy Tab S7 Series tidak hanya mengandalkan desain dan material yang menarik. Samsung juga membekali tablet terbarunya ini dengan hardware papan atas. Kebetulan, Droidlime berkesempatan untuk mereview salah satu model Galaxy Tab S7 Series yang ditawarkan, yakni Galaxy Tab S7. Lompatan inovasi apa saja yang ditawarkan oleh Samsung lewat tablet terbarunya ini yang dibanderol seharga Rp13 juta.

Seperti yang telah disebutkan, Galaxy Tab S7 datang dengan desain dan material yang menarik. Jelas, tablet ini memang cocok ditujukan untuk pekerja profesional yang memiliki mobilitas tinggi. Seluruh bodinya didominasi material logam dengan finishing brush.

Memiliki finisihing seperti itu, Galaxy Tab S7 tampak begitu kokoh dan elegan. Berbicara mengenai tampilan, tablet ini punya layar berukuran 11 inci dengan resolusi 1.600 x 2.560 piksel. Aspek rasionya adalah 16:10, sedangkan rasio screen-to-body mencapai 83,6% dan ada dukungan HDR10+. Berbeda dengan Galaxy Tab S7+, panel layar yang dipakai oleh Samsung pada Galaxy Tab S7 hanya LTPS IPS LCD. Namun menariknya

Tablet yang memiliki ketebalan hanya 6,3 inci dan berat 500 gram

Ini sudah memiliki layar dengan refresh rate tinggi, yakni mencapai 120 Hz. Masih di bagian depan, Samsung juga berhasil meracik tablet ini dengan bezel yang lebih rampin. Sementara, kamera depan masih disematkan dan diletakkan tepat di tengah sisi panjangnya. Pada baian belakang, Samsung memuat dua buah kamera yang diletakkan secara vertikal di pojok kiri atas.

Diperhatikan lebih detail, Samsung juga mempercantik tablet ini dengan hiasan garis-garis antena berwarna putih. Pada panel baan belakang, ada juga logo Samsung yang diletakkan berlawanan dengan modul kamera belakang. Selain itu, Samsung juga memuat tulisan “Sound by AKG”. Seperti pendahulunya, Galaxy Tab S7 juga dilengkapi dengan S Pen yang bisa menempel dengan kuat di panel bagian belakang perangkat.

S Pen yang ada pada Galaxy Tab S7 ini sudah didesain dengan form factor membulat dan ujung yang memanjang sehingga menawarkan pengalaman menulis dan menggambar yang lebih alami. Tempelkan di belakang tablet, pada lokasi yang telah ditentukan, maka S Pen akan otomatis mengisi daya listriknya. Stylus ini telah dibekali baterai 0,35 mAh yang bisa diisi penuh hanya dalam waktu 10 menit. S Pen juga berfungsi natural layaknya pensil saat digunakan untuk menulis maupun membuat ilustrasi. Maklum, latency-nya hanya 9ms.

Bagaimana jika Galaxy Tab S7 kalian gunakan untuk menikmati musik atau menonton film

Ya! Tablet premium buatan Samsung ini punya empat speaker yang disetel oleh AKG, di mana dua desain grille mengapit port USB Type-C di bagian bawah, dua desain grille lainnya ada di sisi bagian atas. Sementara itu, di sisi bagian kiri, Samsung memuat konektor magnet tiga titik yang berfungsi untuk menghubungkan tablet dengan keyboard. Di bagian sisi sebelah kanan, kalian bisa menemukan tombol Power yang terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari dan di bawahnya ada tombol Volume.

Datang sebagai tablet premium yang ditujukan untuk pekerja profesional yang memiliki mobilitas tinggi, Galaxy Tab S7 juga sudah dibekali dengan hardware yang tidak bisa dipadang sebelah mata. Bagaimana tidak! Tablet ini oleh Samsung telah dicekoki chipset kelas atas milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865+. Sebagai informasi tambahan untuk kalian, Snapdragon 865+ adalah chipset dengan CPU Octa-core yang diproduksi dengan fabrikasi 7nm+.

Arsitektur CPU-nya adalah 1x Kryo 585 dengan clock speed 3,09 GHz + 3x Kryo 585 dengan clock speed 2,42 GHz + 4x Kryo 585 dengan clock speed 1,8 GHz. Di dalamnya juga sudah ada GPU Adreno 650. Tidak hanya menyuntikkan chipset kelas atas ke dalam tablet terbarunya ini, Samsung juga sudah membekali Galaxy Tab S7 dengan dukungan memori yang mumpuni. Ya! Galaxy Tab S7 datang dengan RAM sebesar 6 GB yang bersanding dengan penyimpanan internal 128 GB.

Tentunya kapasitas penyimpanan internal 128 GB sudah terbilang besar

Namun, bagi kalian yang ingin menyimpan lebih banyak lagi file atau data di dalam tablet ini, Samsung masih menghadirkan slot untuk memuat kartu microSD (dedicated slot) hingga 1 TB. Hanya saja, Galaxy Tab S7 ini datang dengan single Nano-SIM Card. Bagaimana dengan catu dayanya? Samsung memang ingin benar-benar memanjakan pengguna Galaxy Tab S7 ini. Pasalnya, di dalam tablet ini sudah ada baterai dengan kapasitas 8.000 mAh plus dukungan pengisian cepat 45W.

Namun, dalam paket penjualannya Samsung hanya menyediakan kepala charger dengan daya 15W. Sudah dibekali chipset Snapdragon 865+ ditambah RAM 6 GB, saat dipakai untuk diajak bekerja mengolah dokumen, tablet ini sangat nyaman digunakan. Membuka aplikasi Microsoft Office, cek e-mail atau berselancar di internet mengunakan aplikasi browser bawaan Google, semuanya berjalan dengan lancar. Dipakai selama satu minggu, Droidlime juga berkesempatan untuk memakai Galaxy Tab S7 untuk memutar film via aplikasi Netflix dan juga Disney+ Hotstar.

Film-film yang ditonton berjalan dengan lancar dan audio yang disemburkan juga terdengar sangat jelas. Tidak ketinggalan, Droidlime juga memakai Galaxy Tab S7 yang diuji untuk membuat sketsa atau gambar dengan memanfaatkan S Pen. Ya! Karena punya latency 9ms, stylus ini benar-benar terasa nyaman saat digunakan, seperti melukis di atas kertas. Tak kalah menarik, S Pen ini juga bisa berfungsi layaknya remote untuk mengontrol slide presentasi atau memutar film/musik dan sebagai shutter dari kamera.

Bermain game menggunakan tablet ini juga terasa mengasyikkan. Droidlime mencoba memakai tablet ini untuk bermain game yang terbilang berat, seperti Asphalt 9: Legends. Selain itu, game lainnya yang dimainkan adalah Call of Duty: Mobile. Hasilnya, kedua game tersebut dapat berjalan dengan lancar alias bebas lag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *