Samsung Kembali Tunjukkan Dominasi di Pasar Smartphone Global

Posted on

Samsung Kembali Tunjukkan Dominasi di Pasar Smartphone Global – Counterpoint Research melaporkan bahwa di bulan Agustus di tahun ini, Samsung telah memperlebar celah pangsa pasarnya dengan Huawei. Tercatat, Samsung memiliki pangsa pasar mencapai 22% dari penjualan smartphone global untuk bulan tersebut.

Samsung Kembali Tunjukkan Dominasi di Pasar Smartphone Global

Dibandingkan dengan bulan April, Samsung hanya memperoleh pangsa pasar sebesar 20% dan Huawei sediki lebih tinggi, yakni April 21%. Di bulan Agustus melorot tajam dan berada di 16%. Tentu saja, ini sebuah catatan menarik yang bisa diraih oleh Samsung.

Seperti yang kita tahu, beberapa bulan di tahun ini merupakan masa sulit bai sejumlah pabrikan smartphone, terutama saat India di-lockdown karena pandemi COVID-19 yang terus meningkat tajam. Namun, Samsung berhasil “rebound” ketika pemerintah India membuka kembali kunci di bulan Juli dan Agustus.

Selain itu, Counterpoint Research juga mencatat bahwa ada keuntungan

Yang berhasil diraih oleh Samsung saat adanya ketegangan antara India dengan Cina. Hal ini membantu raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut untuk mencapai kinerja terbaik di India sejak 2018 berkat pemasaran online yang agresif.

Satu hal yang cukup menarik jika kita melihat pangsa pasar Apple. Ya! Raksasa teknologi yang berada di bawah komando Tim Cook ini berhasil mempertahankan pangsa pasar sebesar 12% di bulan April dan Agustus. Diharapkan, dengan meluncurnya seri iPhone 12 kita akan melihat peningkatan pangsa pasar hingga kuartal terakhir tahun ini.

Meskipun iPhone terbaru buatan Apple datang sedikit lebih lambat di tahun ini, penjualan terbaik 2020 seperti iPhone SE (2020) dan iPhone 11 setidaknya menjaga penjualan tetap stabil hingga saat ini. Meski begitu Apple harus lebih bekerja keras untuk memasarkan seluruh jajaran iPhone terbarunya.

Sementara, Xiaomi telah piawai melihat celah dan di bulan Agustus di tahun ini pangsa. Pasarnya naik mencapai 11%, yang sebelumnya di bulan April hanya mencapai 8%. Ya! Xiaomi (bersama OPPO) berhasil mengisi kekosongan yang tersisa di pasar Eropa setelah pangsa pasar Huawei yang mengalami penurunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *