Sekitar 91 Juta Data Pemakai Tokopedia Menyebar Gratis Di Facebook

Posted on

Satu info tidak kenakan tiba lagi dari raksasa E-commerce di Indonesia yakni Tokopedia. Masalah ini berkaitan peretasan yang dilaksanakan oleh sekumpulan Hacker pada waktu lalu.Dimana mengakibatkan seputar 91 data pemakai Tokopedia sukses dicuri.

Dalam satu laporan, sekarang 91 juta data account dari pemakai Tokopedia itu menyebar di Internet serta dapat didownload dengan cara gratis. Laporan ini pertama-tama dikeluarkan oleh instansi analisa keamanan cyber Communication and Information Sistem Security Research Center (CISSReC).

Dalam laporanya, CISSReC menyebutkan bila salah satunya anggota group Facebook berkaitan keamanan cyber yang berisi nyaris 15 ribu anggota memberi link untuk mengambil data 91 juta data pemakai Tokopedia dengan gratis.

Saat dijelajahi, link itu pertama-tama diberikan oleh salah satunya account namanya @Cellibis dalam satu komunitas, yakni Raidsforum. Account itu diketahui telah bagikan terlebih dulu pada Jumat, 3 juli 2020.

Sekitar 91 Juta Data Pemakai Tokopedia Menyebar Gratis Di Facebook

Walau sebenarnya awalnya, data ini pernah dipasarkan pada harga $5000 atau seputar 72 juta rupiah. Tetapi, sekarang ditebar dengan cara hampir gratis di dalam komunitas Raidsforum.

Walaupun ditebar dengan cara gratis, untuk mengambil data itu tidak gampang, ini sebab file disimpan pada server yang berada di Amerika Serikat, hingga harus memakai VPN dengan IP Amerika, tutur Chairman CISSReC, Pratama Persadha.

Ukuran data dari file ini sebesar 11 GB yang berupa.zip yang saat di ekstrak serta menjadi.txt, filenya jadi membesar jadi seputar 28.5 GB.

Untuk buka file ini, diperlukan satu aplikasi spesial seperti UltraEdit. Didalamnya ada data pemakai Tokopedia yang sejumlah sekitar 91.174.216 yang berisi nama komplet, nama account, e-mail, toko online, tanggal lahir, nomor HP, tanggal mendaftarkan, dan beberapa
data yang terenkripsi berupa hash.

Dikutip dari Kumparan, Senin (6/7/2020), alamat atau link unduh dari file itu masih ada serta
sudah didownload sekitar 58 kali semenjak diupload. Alamat unduh ini disebutkan akan kedaluwarsa sampai 5 hari setelah itu.

Sekarang ini, posting dari @Celibis yang berada di Raidsforum tidak diketemukan lagi. Data yang ditebar ini ialah data yang sama dengan data yang diambil Mei 2020 yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *